h1

Syarat Jadi Artis Di Korea

19 Januari 2012

Ngerasa nih blog udah lama ga Ai update…. jadi Ai mau ngisi-ngisi ajah degh… sepertinya ini sudah di posting dibeberapa blog lainnya… jadi Ai langsung ngutip ajah… soalnya menurut Ai ini cukup menarik untuk Ai masukan di blog…

jadi artis di korea itu nggak segampang di indonesia looh… emang bagi orang yang memandang sebelah mata akan berpikir klo orang2 korea cuma mengandalkan tampang.. tapi sebenernya nggak kayak gitu…
persaingan dunia hiburan di sana jauh leih ketat dari disini… ga berbakat sedikit bisa langsung ketendang mentah-mentah…

butuh perjuangan demi meraih kepopularitasan. Di Korea, dunia hiburan itu menjadi salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan… ada banyak ortu yang pengen anaknya jadi artis.. meskipun banyak juga yang nggak… soalnya bagi orang korea kalau udah terkenal, maka jalan mereka mau ngapain ajah itu bakal gampang.. dan mereka pastinya punya kesempatan besar buat mengeksplor diri mereka.

makanya.. di Korea… ada banyak sekolah seni yang menyediakan berbagai jurusan untuk mendukung dunia hiburan mereka.
nah.. berikut ini ai kutip dari beberapa blog.. tentang syarat-syarat jadi Artis di Korea…

  • Ada 2 syarat yang diutamakan yaitu bakat dan wajah. tapi yang paling dilihat pertama kali itu bakat mereka… mulai dari menyanyi dan dance…karena style / wajah bisa diubah nantinya… tapi tak jarang juga beberapa agensi terkenal lebih mementingkan penampilan. contoh, Perusahaan artis seperti SMent biasanya mencari ‘calon artisnya’ dengan kriteria : mukanya fresh, rambutnya bagus, gigi putih, dan kelopak mata dobel. beda dengan JYP, selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan lolos tidaknya mereka menjadi trainee, waktu mengikuti audisi di JYP, calon trainee wajib menunjukan rapot mereka, dan harus berprestasi. jika sudah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis, mereka akan dapat peringatan. bahkan setelah dapat peringatan dan ternyata nilai rapot tetap rendah, maka siap-siap dikeluarin deh dari jyp. Hal ini membuktikan kalau mereka ngga sembarangan mencari calon artis.
  • Untuk menjadi trainee di suatu agensi tertentu di korea mereka harus mengikuti beberapa tahap termasuk salah satunya audisi.
  • Usia ‘calon artis’ yg dicari biasanya antara 12-17tahun.. dengan waktu pelatihan yg cukup lama. Hal ini juga bisa dilihat dari hasil yang diperoleh setelah masa trainee. kalau dianggap berkualitas mungkin dia bakal debut lebih awal tergantu bakat dan keahlian yang mereka miliki…
  • Bagi para trainee harus siap dipermak kalau penampilannya dianggap belum sempurna.. jadi tak menutup kemungkinan untuk melakukan operasi plastik.
  • Untuk para trainer (calon artis yg belum debut) semua kebutuhan ditanggung agensi tapi saat mereka sudah debut dan sukses, maka kemungkinan hasil uang yang mereka dapatkan akan lebih banyak mengalir ke agensinya, atau bisa dikatakan mereka membayar biaya mereka selama menjadi trainee
  • Pendatang baru nggak mudah tenarnya.. kalau mereka keluar nggak bener2 keren dan mengagumkan mereka nggak bakal di gubris… dan bahkan bisa langsung tenggelam. jadi untuk bertahan mereka harus mengatur strategi yang bener-bener matang kalau nggak mau langsung ditendang mentah2
  • Kalau mau diakui sebagai artis atau penganyi berbakan minimal mereka harus meraih penghargaan di beberapa ajang.. kalu nggak yah mereka cuma dianggap idola saja bukan Bintang. Kalau suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer korea, maka mereka akan disebut Triple Crown
  • Artis wajib mengikuti semua schedule yg udah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari! makanya mereka harus tinggal di dorm / asrama khusus yang sudah disediakan
  • Orang Korea lebih suka orang berwajah barat dan oriental… mereka jarang menyukai wajah dengan tipe melayu.
  • Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa
  • Orang korea itu cinta banget sama budaya mereka. jadi artis-artisnya diwajibkan untuk mempromosikan apa aja ttg korea melalui drama, film, musik dll
  • Bagi trainee yang berasal dari luar daerah biasanya diminta harus pindah ke seoul dan tinggal di dorm demi mengikuti semua kegiatan.
  • Persaingan dunia hiburan korea sangat ketat, tak jarang bagi para artis yang tak mampu bersaing bisa bunuh diri.
  • Perbandingan artis yg debut dan artis yg gagal disaat bersamaan adalah 1:10 . Maksudnya kalau hari ini ada 1 artis yg debut di suatu manajemen, berarti disaat yg sama ada 10 artis yg gagal atau dikeluarin dr manajemennya

Meskipun tampaknya susah.. tapi jika mereka sukses.. maka mereka tak perlu khawatir tentang apapun. makanya menjadi artis di korea itu sangat diidam-idamkan orang banyak. Karena mereka pasarnya sudah luar negeri maka tentunya semua hal diatas harus dilakukan donk… secara mereka pastinya nggak bakal mungkin menunjukkan produk jelek dipasar yang bisa malu-maluin mereka.
jadi kalau menurut Ai.. mereka itu nggak pantas buat di bilang CUMA MODAL TAMPANG… karena sebenarnya mereka sangat berbakat. logikanya.. mana ada orang yang ga berbakat tapi disukai orang sedunia…
kita bisa meniru hal baik ini untuk menyaring artis2 indonesia yang berkualitas… dan bisa membanggakan indonesia .. karena secara tidak sadar.. sebenarnya indonesia itu punya banyak bibit2 yang bisa dikembagkan dan dijual dengan baik… tak seperti saat ini yang cenderung ikut ikutan trend,…. It’s just my oppinion… how about you????

Source : hallyu ol, korea addicts, shiechul, stephanie on, google, tumblr || via : @koreansplash
Edited and shared by ブルーブラック @ ashblueblack.wordpress.com / EDITOR: AiChanKawaii @ aichankawaii.blogspot.com

BUDAYAKAN JUJUR: REPOST WITH FULL CREDIT!!!

37 komentar

  1. wahhh,ribett bgtpersyaratanya –” beeh


    • ne..🙂 berminat kah?


    • saya juga pengen jadi artis di korea
      nanti kalau saya sudah lulus smp pasti saya akan berjuang untuk mendapatkan sma negri terbaik dan saya akan latihan ikut ngedance dan menyanyi dengan baik…..setelah itu saya akan ke korea untuk mendaftar deh….dah terus fighting


  2. Duh*
    Ai rajin bgD sii nganalisis beginian …
    hehehe*
    Tp menarik dan masuk logika bgd sii artikel diatas … :))


  3. duhhh q jga ingin jdi kayak mereka tpi yg pling q sukai snsd and super junior


  4. walaupun punya keinginan spaya jadi kayak mreka….
    tapi… hhmm hanya bisa tarik napas aja dah…. ga da yg masukm kriteria,.
    tampang ga OK (cma lumayan)
    bakat nol (skedar hobi)
    rapot ???

    ngimpi deh jadi artis korea…


    • kalau kita gak bisa berbahasa korea ama inggris apakah ada nenterjemah


  5. kalau kita g bisa bahasa korea ama inggris bagaimana
    apakah nenterjemahya


  6. aku sangat berminat!!


  7. gimana caranya??saya pengen jadi trainer SMent??
    Cara gimana??
    Kasi tau donk…..???


    • Mungkin smua orang ngira klau gue itu cuma bercanda masalah gue pengen jadi artis korea. Tapi gue bakal kerja keras untuk bisa mencapai itu semua.. Icha cuma pengen menggampai cita-cita icha aja mah. Knp gk blh icha mau bngt bisa jadi artis yang terkenal biar semua percaya sma janji icha dan masa depan icha.. Yang bisa bantu gue tolong yahh. Gue mau mengapai itu semua demi keluarga dan masa depan yang cerah.. Ni no 083819834204 klau ada yang mau bantu sms aja please bantu gue


  8. ingin sbnarnya…….


  9. Aku mau, tapi aku orang Indonesia masih umur 11 tahun sih, masih ada kesempatan minta ijin.. Tapi ga bakal boleh.. Secara kehidupan udah cukup ngapain harus pindah ke KOREA? Tapi bakat dari kecil cuman bisa nyanyi n nari, gak ada yg lain.. Bahasa Korea mengerti, Rapot sih lumayan.. Tapi apa bisa? Minta saran dong lewat FB aja🙂 email = Sieren.marlyn@yahoo.com makasih ya ^^


  10. aku juga pengen banget .
    banget banget banget banget banget ….
    aku lebih suka jung so min ,yoon eun hye ,suzy ,kim hyun joong ,kim soo hyun .

    lumayan banyak kan .
    aku terinspirasikan oleh JUNG SO MIN .
    pertama sihh sama film2 wuxia di china .malah sampe pengen jadi artis di korea dan china ,kayanya gak mungkin banget yah .
    ???
    aduhh .
    jadi curhat nih .
    di indonesia ada gak yahh sekolah menengah atas khusus kesenian .aku juga mau jadi orang yang pinter kaya jung so min .jung so min dapatkan peringkat pertama di korea national university of arts .


  11. hmmm .
    prestasi aku sih lumayan .
    10 besar itu gak buruk kan .
    ???


  12. akupunya bakat nyaitu nyanyi


  13. aku punya bakat nyaitu nyanyi aku sama alya ,rahma mempunyai bakat akusangat berminat menjadi artis sebenernya aku sama teman teman dari dulu pengen jadi artis;


  14. hmm aku pernah rangking 3 loh aku lumanyan sihh aku gabegitu buruk kan


  15. Bisa nanya gakk??
    Klo kta dari indonesia, pengen jdi artis di korea, tpi di indonesia gak ada audisinya, apakah bisa kta ikut audisi di korea?????
    Tlng di blas yaa!😀😀😀😀😀😀


  16. Jdi, artis korea tu kyknya gampang2 susah


  17. Qlo kta d’indonesia mw jd pnyanyi korea gmn cra’a?

    Blz a d’sni ea:
    Clowndarknezz@yahoo.com


  18. Memang,mewujudkan mimpi itu tidaklah mudah.
    Tetapi,sesulit apapun itu..Asalkan kita terus berusaha dengan keras..
    Maka yakinlah,jerih payah kita akan membuahkan hasil yang memuaskan.
    Hwaiitiiiing~!!


  19. Aku Ingin Ikutan SMTown Audition, Tapi Takut Gak Boleh..


  20. aku pengen banget jadi artis korea. tapi…. gimana caranya ? sekarang aja umur aku udah 13 tahun. mau nunggu sampai kapan ?? padahal, aku bisa akting,dance,nyanyi. nilai raport lumayan dapat ranking terus sih !! Huhuhuhuhu😥


  21. daftarin aku dong
    akutuh pnya bkt nyanyi dens setiap thn ku msk 10 bsar trs aku jg ramping kaki jenjang suka sungmin sj.


  22. kalau menurut aku orang indonesia pasti gk bisa jadi artis korea soalnya orang korea tidak menyukai wajah melayu,sedangkan wajah orang indonesia mayoritas nya berwajah melayu.
    aku juga pingin banget jadi artis korea dan trenning di sm entertaiment,tpi mana munkin bisa😥
    tpi walaupun tidak bisa aku pasti bakal sukses
    Amin….🙂


  23. aku punya bkat dance,rap sama nyanyi dri kecil
    muka ku jga gk terlalu melayu malah aku nurun dri ayahku yg org francis,china jdi bisa dong aku ikut?🙂
    do’a.in pas aku lulus SMP aku bisa ikut kakakku dia ikut audisi ke korea sono sama temennya yg aku tw dri kakakku cuma dia bru lolos 2 audisi di YG


  24. knp oak korea tdk suka dgn wjh melayu seperti indo.sedangkan oak indo saja suka bgt dgn wjh oak korea.padahal q ingin bgt jd artis korea,krn ada peraturan tentang wjh jadi nya impian q seperti debu deh.


  25. aku ada dance tapi aku tak lepas smp mcm mana pulak tapi aku menyanyi okey… aku teringin nak jadi kpop korea


  26. Aku pengen banget jadi artis di korea dan bertemu para artis di korea tapi aku bisa buat apa wajah biasa aja,dan gak bisa bahasa korea tapi aku pengen banget jadi artis di korea aku selalu bermimpi menjadi artis korea aku berharap ada seseorang yang mewujudkan cita-cita ku menjadi artis di korea
    Amin


  27. aku pengen nich jadi artis, tapi nanti saat aku SMP aku akan berjuang untuk mendapatkan SMP negri, disamping tugasku menjadi seprang pelajar yg pintar dan baik aku akan belajar menyanyi dan nge dance. kalo ada lowongan casting atau jadi artis aku ikutan ya


  28. trus klau yg agamanya islam blh nggak oplas yah?


  29. I want to be a Korean Idols too. My talent are rapping, dancing & acting. I have a good-looking too but actually I’m not that pretty.


  30. Kak kira2 sy bakal didepak ga ya dr sini (SMEnt)? soalnya wajah sy melayu bgt (kayaknya)..

    Jadi ga pede sendiri dh klo ketemu sesama Peserta Trainee yg kece2…..


  31. Aku mukanya fresh (amiin), gigi putih (beneran) tapi gak punya double eyed😥 terus rambut aku juga bagus
    aku juga udh sering ikutan lomba nyanyi ama nge dance .. dan alhamdulillah rata2 menang .. tapi kalo di korea gak suka wajah melayu ya ?? yahhh😥 aku orang melayu gimana yah ?? pasti nanti aku akan berusaha untuk ngejar cita2 aku jd artis kpop biar bisa banggain ortu ama negara😀 fighting !!!


  32. apa salahnya kalau kita berjuang ??? kan di sana katany penampilan bisa di ubah sewaktu2.. klo kita punya bakat lebih pasti diterima kok
    yg terpenting itu skill ama tekad dan fisik kita



Komentar :

