h1

Insert Investigasi membahas Korean Drama

16 Oktober 2010


Hahahahaha akhirnya aku bisa melihat liputan tentang Korean drama di TV lokal ^_^, maksudku bukan hanya dramanya tapi membahas fenomena-nya gitu.

Insert Investigasi tgl. 16 Oktober 2010, hari Sabtu, jam 17:00 membahas tentang booming-nya serial drama Korea di TV Indonesia.

Kalau aku ingat dulu, yang menayangkan Korean drama pertama-tama kalau ngga salah RCTI dengan Endless Love-nya, disusul SCTV dengan Winter Sonata, lalu Indosiar yang sampai sekarang rutin menayangkan Korean Drama. Tapi paling hanya satu stasiun saja, maksudku, kalau RCTI menayangkan, stasiun lain tidak.

Tapi sekarang, cek saja, Indosiar dengan The woman who still want to marry dan ulangan You’re Beautiful, Trans 7 dengan Personal Taste, lalu stasiun lokal CTC Bandung mengulang Thank you lagi. Paling tidak sehari aku bisa lihat K Drama 3 kali haha kaya minum obat saja.

Fenomena apa ini, Hallyu akhirnya benar-benar menguasai dunia? soalnya teman-teman di Eropa, Filipina, Iran, Amerika, dan Turki yang nyasar ke hubku juga rata-rata mulai kecanduan K Drama, ada yang tahu dari keponakan-nya, anak-nya, saudara perempuan-nya, dan mungkin dari aku hehehe…


Oya, bahkan ada cerita2 lucu orang2 yang kecanduan K Drama di belahan dunia, misalnya :

1. Ada cewek, nyelesain serial K drama selama 1 minggu penuh. Selama itu, cewek ini ngga keluar apartemen. Ia cuma makan mie instant ama kimchi (kebetulan ia orang Korea yang tinggal di USA), dan air. Terus akhirnya ia selesai dengan dramanya yang mengharu biru itu dan keluar apartemen untuk mengecek kotak suratnya, lalu ia ketemu dengan tetangga apartemen sebelah, cowok. Cowok itu kaget berat, ia dengan terbata-bata bilang : kau..kau masih hidup? aku dengar desas desus, kalau penghuni apartemen sebelahku sudah mati bunuh diri. Cewek itu ngamuk, langsung masuk ke apartemen-nya sambil banting pintu.

Lalu cowok tetangganya itu menyelipkan kartu anggota untuk abonemen sewa DVD K Drama di DVD rental dekat apartemen mereka. cewek itu kaget dan ia buka pintu untuk minta maaf dan terima kasih. Cowok itu geli dan bilang ia tahu kalau cewek tetangganya itu lagi gila K drama, soalnya setiap malam ia dengar si cewek ketawa dan nangis sendirian di apartemen-nya, jadi cowok itu akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan cewek itu di rental DVD terdekat biar bisa nonton Korean Drama kapan saja ia mau.

Singkat cerita mereka kenalan (karena sebelumnya belum kenalan) dan akhirnya setahun kemudian mereka menikah.

Dan ini kisah nyata.

2. Ada sekretaris perdana menteri, tapi ia tidak ngaku negara mana karena takut kali hehe…

Sekretaris itu punya DVD player dibawah laptopnya. Dan satu kali ia punya serial K Drama yang membuatnya gregetan, ia berniat menghabiskan serial itu hari itu juga, so, dia mengubah jadwal sang Perdana Menteri, biar bossnya ada di luar meeting terus sepanjang hari dan ia bebas nonton K Drama. hehe ini keterlaluan ya…

3. Ada kakak adik, kakaknya mau melahirkan, dan mereka sedang ingin menyelesaikan serial K Drama, tiba2 kakak-nya merasa kontraksi dan kelihatannya mau melahirkan karena kontraksinya terus menerus. Akhirnya keduanya ke RS, tapi kakaknya teriak untuk bawa laptop mereka.

Di kamar bersalin, sambil menunggu anaknya keluar, si kakak tetap keukeuh (ini bhs Ukraina, bersikeras) untuk lihat K drama-nya di laptop. Dokter dan suster hanya melihat mereka seperti orang gila.

dan masih banyak cerita gila lainnya….


OK, sekarang kita bahas ya mengapa K Drama seheboh itu, apa sebenarnya kelebihan K Drama?

Menurutku Korean Drama itu sebenarnya biasa saja, sama dengan drama-drama Asia lainnya, bahkan ada beberapa kebiasaan dan pakem yang selalu ada, semua tahu-lah, misalnya :

1. Pasti ada 2 cowok, 2 cewek, terlibat cinta segiempat njlimet. Tokoh utama biasanya pasti jadian.
2. Ada yang sakit dsb
3. Ada adegan minum bersama untuk merayakan apa saja.
4. Kalau depresi, biasanya minum, kalau cowok kaya biasanya di bar elit, kalau cowok miskin di pojangmacha.
5. Ada si miskin dan si kaya
6. Cinderella story’s type
7. Ada orang tuanya, kakek, nenek, paman, bibi, ayah-ibu, guru dsb
8. Ada adegan jalan2nya, kaya di dongdaimun, di mall, di lokasi wisata, di pasar malam, atau main2 di arena ice skating.
9. Pertandingan olahraga, bisa untuk melepas stress atau untuk rebutan cewek. Ada yang lari, basket, base ball machine dsb.
10. Karaoke-an, hampir setiap k drama ada.
11. Ada adegan memasak, meskipun hanya masak mie instant.
12. Berani bermain dengan kaca, jadi berani mengambil gambar dalam lokasi penuh kaca tanpa kelihatan pantulan kameranya.
13. Pamer teknologi, biasanya handphone merk terbaru dsb
14. Ada busana pasangan.
15. Cowoknya pasti bawa mobil, mau mobil sendiri atau mobil bossnya
16. Ada adegan U-turn yang fenomenal sambil telepon dengan hands-free.
17. Ada yang sekolah ke luar negeri, bisa datang dari LN, atau akan pergi ke LN.
18. Pasti ada adegan pisah sebentar lalu ketemu lagi.

dsb, kalian bisa menambahkan sendiri.

Jadi, apa istimewanya? Mungkin menurutku, karena mereka menampilkan identitas mereka sendiri. Identitas Korea, gaya Korea, budaya Korea, the Korean-ways. Bahkan para aktor aktrisnya belum tentu menguasai bahasa Inggris, kita yang harus mati2an menerjemahkan bahasa Korea ke Inggris atau Indonesia. Bahkan ada yang nangis2 minta terjemahan dalam Mandarin dan Jepang, yang sekarang sudah di akomodasi oleh website2 seperti viikii atau dramacrazy. Bahkan dramanya tidak ada yang menggunakan bahasa Inggris, tapi DVD-nya bertebaran di Amazon dengan Eng subtitle.

Jadi Korea istimewa karena menjadi diri mereka sendiri, menjual sejarah mereka sendiri, dan budaya mereka sendiri. Mereka memperlihatkan ke-aslian kehidupan mereka, ya seperti itulah mereka.

Aku pikir, Indonesia juga bisa membuat drama yang tidak kalah dari K Drama, asal berani menjadi diri sendiri, tidak terpengaruh gaya india2an, lebih detil dalam cerita atau proses, jangan langsung tiba2 jadi direktur dengan jas+dasi plus kantor dan mobil mewah tanpa memperlihatkan bagaimana ia berkeringat lari2 mengejar bis dan kehujanan dengan membawa portfolionya misalnya.

Lihat usaha Jeon Jin Ho untuk memenangkan proyek. Lihat usaha Park Kae In untuk diakui oleh ayahnya. Lihat bagaimana Oh Ha Ni belajar agar ketika menikah dengan Baek Seung Jo, ia adalah pribadi yang tidak memalukan. Lihat bagaimana Go Eun Chan kerja keras mati-matian untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, dan mendapat pengakuan sebagai barista profesional, bahkan diperlihatkan cara membuat kopi yang benar.

Lihat bagaimana Seo Jang geum belajar keras siang malam untuk menjadi Dae Jang Geum. Bagaimana drama Korea berani menampilkan mimpi dan cita-cita mereka. Inspirasi baru, itu yang selalu kutemui dalam Korean drama, baik dari desain baju, interior, bangunan, software, teknologi dan macam2, terutama yang berkaitan dengan duniaku.

Yang penting prosesnya, detilnya, dan jangan terlalu bertele-tele, itu menurutku. Sampai sekarang, kalau untuk drama Indonesia, belum ada yang bisa menyaingi Si Doel Anak Sekolahan, menurutku itu drama dengan identitas asli Indonesia.

Just be yourself Indonesian drama.

Iklan

Komentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: