h1

Happy Chuseok 2010

17 September 2010


Chuseok tahun ini akan jatuh tanggal 21 September 2010. Biasanya orang Korea akan pulang kampung dan sembahyang di altar leluhur mereka, bersih2 kuburan (Beol cho = memotong rumput), dan makan-makan. Mirip dengan Sin cia/Imlek dan juga Lebaran hehehe..

Salah satu makanan khas Chuseok adalah Songpyeon. Songpyeon adalah kue beras isi, bentuknya mirip kue ku, yang biasa dipakai untuk Man Ye/Ma-gwee/ satu bulanan anak-anak keturunan Tionghoa jaman dulu, kalo sekarang untuk satu bulanan/Ma gwee, orang2 sudah pada pake taart mini.

Aku ingat jaman th 80-an, nenek-ku suka terima makanan syukuran satu bulanan, yg isinya kue ku merah aneka bentuk, telur rebus merah, buah2an kaya jeruk mandarin, apel, pisang raja, apa lagi ya ..kalo sekarang udah pada pakai taart🙂

Songpyeon
Tergantung daerahnya, beberapa tempat menggunakan bahan tepung kentang atau tepung ubi jalar selain tepung beras.

Isi songpyeon juga bervariasi, beberapa mengisi dengan kacang merah, yang lain menggunakan chestnut dan kenari. Kalau mau lebih murah lagi menggunakan air gula sebagai isiannya. Mungkin konsepnya kaya gula jawa/aren dicairkan ya. Aku membayangkan songpyeon ini mirip2 mochi, cuma tepungnya beda.

Ada mitos dari balik songpyeon.
1. Untuk yang masih single, mereka akan mendapatkan suami tampan atau istri cantik kalau songpyeon buatan-nya juga cantik.
2. Kalau songpyeon buatan-nya bentuknya jelek, maka pasangan hidupnya juga akan jelek katanya hehehe..ngaco ya.

Mitos lain berkata kalau ada wanita hamil yang ingin tahu jenis kelamin bayinya (padahal tinggal USG ya..) harus mengukus songpyeon-nya dan menambahkan daun pinus atau jarum pinus dengan posisi horisontal/melintang di dalam songpyeon-nya.

Jika bagian yang tajam dari daun pinus itu yang muncul ketika ibu hamil itu menggigit songpyeonnya, maka bayinya laki.
Jika yang muncul bagian halusnya maka bayinya perempuan. Hahahahaha.

Makanan Chuseok lainnya adalah : Hwayangjeok, torantang, baesuk, dan dakjjim

Hwayangjeok : Seperti sate, isinya doraji, telur, wortel, timun, jamur pyogo dan daging sapi. Ditusuk selang seling, yang bagus komposisi warnanya. Korean dishes sangat memperhatikan komposisi warna.

Torantang : Adalah sup yang isinya sayur yang namanya kuping gajah. Atau daun talas/ atau talas kayanya.

Baesuk : Buah pir/pear diletakkan di mangkuk dicampur gula, jahe, dan air. Kaya setup nanas, mamiku suka buat, cuma ngga pakai jahe, paling ditambah cengkeh sedikit.

Dakjjim : Ayam rebus.

Beberapa keluarga Korea yang sudah modern juga suka menyediakan makanan yang lebih modern, tapi songpyeon itu pasti ada.

Kaya kue ranjang di Imlek dan ketupat di Lebaran. Haha..

Happy Chuseok!

Komentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: