Archive for the ‘Bahasa Korea’ Category

h1

Menulis dan Belajar Tulisan Jepang, China, korea (Software)

19 Januari 2012

baru kepikiran buat nulis postingan ini.
kalian yang suka ma 3 negara ini pastinya susah banget kan mau nulis tulisannya di komputer. secara..tulisan mereka beda banget ma tulisan Romanji (tulisan kayak kita)…

trus gimana sih biar bisa nulisnya… dan kalau bisa belajar juga sih…

naaah…. admin punya software bagus…

kalau aku sih suka banget ma software ini…

cuma setiap software yang aku kasih ada kelebihan ma kelemahannya.

Aku mulai yaah…

NJStar Communicator

kita mulai dari TULISAN JEPANG dan CHINA yah…

kedua tulisan ini ga jauh beda bentuknya. bhakan kanji china ma jepang tuh hampir sama.

di software NJStar Communicator kamu bisa dengan mudah nulis kanji/katakana/hiragana. software ini sebenernya bisa buat nulis 3 bahasa ini.. entah aku yang salah setting atau apa… tulisan hangul (korea) dipunyaku ga bisa keluar di software ini…jadi anggap ajah 2 bahasa yah hehehehe ^o^

tapi klo buat tulisan jepang bagus banget degh….
kelebihannya kamu bisa copas tulisan jepangnya buat masuk ke microsoft word, kan kadang2 mic word ga respect tuh ma tulisan2 jepang gitu… nah kalau kamu udah instal ini, word jadi respect. caranya klik kanan copy clipboard di tulisan yang mau kamu copas. kamu juga bisa copy kemana2 tulisannya.

kelemahannya: dia bukan kayak google translator yang tinggal nulis bahasa indonesia trus keluarnya bahasa jepang…. kamu harus tahu dulu bahasa jepangnya apa…

aku kasih contoh yaaah…

misal kata ‘aku’… bahasa jepangnya tuh ‘watashi’ nah kalau kamu mau dapetin tulisan わたし
kamu ketiknya jangan ‘aku’…tapi ketik ‘watashi
nanti sebelah kanannya tulisan watashi kamu (lihat di bawah sendiri) bakal ada pilihan…. bisa pake hiragana semua, kanji, atau katakana…. nah kmu bisa klik salah satunya…. kalau kamu cuma butuh hiragana yaaah langsung tekan ‘spasi’ ajah.

nanti bakal muncul deh わたし di workspace-nya ^^

Software ini cuma bisa buat nulis dan terjermahin kata kayak kamus gitu. bukan terjemahin kalimat loooh….INGAT!!!
kalau mau tau arti katanya tinggal klik gambar kamus di toolbarnya…
jadi kamu harus tahu susunan kalimatnya dalam romanji sebelum nulis kekekeke…tapi enak loh kalao punya software ini… perlu dicoba pokoknya!!!!

DOWNLOAD SOFTWARE DISINI

TRANSHUNTER

yang korea yang korea… hohohoho

nah klo ini sejenis ma NJstar.. tapi dia lumayan bisa kayak google translator… cuma translatenya harus pake bahasa inggris dulu baru ke korea…
cuma kamu harus register dulu kalau mau hidup tenang makenya… alias ga ditanyain mulu ma programnya nyuruh buat register kekekekekeke…..
klo ga mau register yaaah klik cancel ajah… cuma bentuknya software ini kayak trial gitu jadinya….
biar ga jadi trial…yah di register..alias beli serial numbernya kekekeke…. ^^V

caranya pakenya tinggal ketik ajah bahasa ingris kata yang mau kamu translate trus tekan crtl+enter atau klik tombol ‘translate’

nanti muncul tuh di pilihan 1,2,3….
kalau kamu bisa baca hangul kamu bisa langsung milih mana yang bener…. bukan berarti ada yang salah… nggak juga.. cuma bisanya ada bentuknya beda ada yang jamak ada yang ga…. tapi kalau nggak bisa baca lebih baik di pake google translate dulu degh buat mastiinnya kekekekekek ^^V (cari aman)

DOWNLOAD SOFTWARE DISINI 

KOREA HAKGYO


klo software yang ini pas banget buat yang pengen belajar bahasa korea… disana kamu bakan diajarin giman cara menyapa, vocab dan lain-lain. cuma kamu ga bisa copas tulisan hangulnya… jadi cuma buat belajar doank…. bolehlah dicoba.. hhohohoho

DOWNLOAD SOFTWARE DISINI


Kalau kalian butuh kamus bahasa korea – indonesia buat di komputer. 
bisa DOWNLOAD DISINI 

Artikel Terbaru


h1

Beberapa Arti Kata Bahasa Korea

24 Desember 2011

berikut ini beberapa arti kata korea yg sering kt gunakan.

semoga bermanfaat !! :)

 

chingu : teman ( biasanya utk yg lebih dekat )

babo : bodoh

mianhae : maaf

mianhamnida : maaf ( lbh formal, biasanya digunakan pd org yg lebih tua )

annyeong haseyo : halo ( ucapan salam, di gunakan untuk menyapa / memberi salam )

annyeong hi-gyeseyo : selamat tinggal

sillyehamnida : permisi

hyung : kakak laki2 ( di gunakan untuk laki2 memanggil kakak laki2 )

noona : kakak perempuan ( di gunakan untuk laki2 memanggil kakak perempuan )

eonnie : kakak perempuan ( di gunakan untuk perempuan memanggil kakak perempuan )

oppa : kakak laki2 ( di gunakan untuk perempuan memanggil kakak laki2, biasanya jg kpd pacar )

eomma : ibu ( biasanya untuk umur yg msh di bawah remaja )

appa : ayah

ahjussi : paman

kansahamnida : terima kasih ( formal )

gomaweo : terima kasih ( non-formal )

cheonmaneyo : sama – sama

saengil chukkahamnida : selamat ulangtahun

yeoboseyo : halo ( di gunakan saat mengangkat telepon )

ne / ye : iya

aniyo : tidak

andwae : bukan / tidak ( yg bener yg mana ya ? )

wae : kenapa ?

sesang : dunia

cheoreom : seperti

giok : ingatan

onje : kapan ?

nomu : juga

jigum / chigum : sekarang

haengbokhaeyo : bahagia

jakku : lagi

imi : siap

dashi : lagi ( kurang tau apa perbedaannya sm jakku )

jeongmal / chongmal : benar / sungguh / kenyataan

arayo / arasho : tau

jebal : tolong / please

nun : mata

mori : kepala

moriga : sakit kepala

shimjang : hati

yonin : pasangan

yonae : kencan

namjachingu : pacar laki2

yeojachingu : pacar perempuan

namja : pria

yeoja : perempuan

mi-ting : kencan buta

yakhon : peraturan

gyo-ron : menikah

sir-yon : sakit hati

ije / ijen : sekarang

nul : selalu

nae : saya

shipo : harap

hamkke : bersama

irohke : seperti ini

saram : orang

no : kamu ( informal )

noye : kamu

sarang : cinta

hwa jang sil : toilet

eotteokhae : bagaimana ?

mwo : apa ?

nugu : siapa ?

odi : dimana ?

 

*kalau ada yg salah, mohon dibenerin ya chingu !! kasih tau aq jg kata2 lain yg kalian tau, biar kt bs share ^^, gomaweo*

 

h1

Kata Sapaan Panggilan Di KOREA (Kata ganti Orang)

21 Desember 2011

di Korea kan banyak tuh kata-kata panggilan buat seseorang mulai dari Kakak ampe…nenek… hohoho…. sekarang aku mau bahas ini di sini… yaaah sekalian kita belajar…. jangan sampai kita salah nyebut orang… hehehehe

yuk..cekidot ^^

  • eommonim(Baca: Ommonim)/ Eommoni: Ini panggilan buat ibu. bahasa ini formal banget. biasanya dipake buat anak yang nunjukin rasa hormat sama ibunya. kadang juga dipake sama menantu pada mertuanya.
  • Eomma (Baca: Omma): klo ini panggilan akrab anak sama ibunya. ini nunjukin kalo hubungna anak dengan ibunya tuh deket banget.
  • Aboji / Abonim: Klo ini panggilan anak kepada ayahnya. ini sama formalnya dengan eommonim. ini juga digunain buat nunjuki rasa hormat kepada sang ayah.
  • Appa: Kalo ini panggilan akrabnya, antara anak dan ayah.
  • Haraboji: Ini panggilan buat kakek. karena kakek itu yang paling tua di dalam istilah keluarga sudah pasti bahasa yang digunakan itu bahasa formal. dan ini termasuk sebutan formal untuk kakek.
  • Halmoni: Ini panggilan buat Nenek. prinsipnya sama kayak Haraboji.
  • Ajumma : wanita paruh baya. Bisa digunakan untuk kerabat keluarga, atau orang asing. Formalnya adalah “Ajumoni.” ini biasanya juga berarti ‘Bibi’ Read the rest of this entry ?
h1

Belajar Huruf Korea (Hangeul) II

19 Desember 2011

Kalau kita bisa bahasa asing, keliatannya lebih keren dan tentunya juga berguna. Apalagi bisa menulis tulisan asing (non-latin), pasti menarik.

Karena itu, di sini kamu akan mendapat pelajaran gratis yang nantinya membuat kamu terlihat lebih keren (terlihat hebat meskipun itu bukan yang utama) dan juga lebih banyak tahu…

OK! Kali ini kita belajar huruf Korea

Tulisan-tulisan korea banyak tuh di perlatan sekolah kita (penggaris, kotak pensil, buku) atau juga barang-banrang elektronik. Tapi supaya kamu bisa membaca itu tulisan atau ngerti artinya, baca dan pelajari dulu pelajaran yang kami beri kali ini dengan gratis (meskipun dapat pelajaran ini dari buku dan itu nggak gratis).

Jangan sia-siakan kesempatan yang baik ini…OK!

Belajar Huruf Korea (Hangeul)

Huruf vokal (모음)


Vokal Gabungan

Read the rest of this entry ?

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.562 pengikut lainnya.