h1

Perbedaan Girlband Korea dan Jepang

19 Januari 2012

Annyeong haseo…. moshi moshi~~~
tadaima~~

kali ini Ai mau ngajak kalian untuk berbagi pendapat nih. sekarang kan yang sedang merajalela tuh penyanyi-penyanyi dengan format boyband atau girlband.
naah~~ ada dua negara yang terkenal banget dengan girlbandnya saat ini, yaitu KOREA dan JEPANG.

 

disini Ai mengakui kalau Ai lebih suka Girlband Jepang dari pada Korea, tapi Ai mencoba untuk bersikap netral dalam mengeluarkan pendapat ini.
ini semata-mana pendapat Ai ajah loh~~~
kalau kalian punya pendapat lain… kalian bisa sharing disini. Asal inget!!! jangan ngebashing yaaah~~~

Dua negara ini punya gildband-girlband andalan mereka.. lalu apa sih beda dari keduanya.. kan sama-sama girlband.,..
jelas banget loh bedanya kawan-kawan… mski keduanya punya girlbadn.. tapi meeka punya ciri khas masing2.. jadi meski merajalela kayak apa.. jarang ada yang saling plagiat satu sama lain.

 

Ai mulai yaah….

ayo sebutin girlband Korea yang paling terkenal saat ini…. yup apa lagi klo bukan SNSD (Girl generation), KARA, T-ARA, Miss A, F(x), dll….
coba kalian perhatikan satu per satu… bisa kah kalian menyimpulkan ciri khas mereka…

lalu~~ apa ajah girlband Jepang yang paling terkenal?
AKB48, Berryz Koubou, Momusu, C-ute, dll….
bagaimana ciri khas mereka???

sudah jelas belum bedanya???
kalau belum mari kita bahas satu per satu…

APA SIH YANG MEMBUAT GIRLBAND KOREA JAUH LEBIH TERKENAL DARI JEPANG???

kita mulai dari Fashion nya!!!
KOREA:
girl band Korea cenderung bergaya barat dengan sentuhan berbagai style fashion yang ada, bahkan termasuk harajuku yang dikombinasikan dengan model lain sehingga tampak lebih elegan dan modern. mereka juga berani mencampurkan berbagai warna yang membuat lebih eye catch. Style rambut mereka juga beraneka ragam. Tak takut untuk berekspresi pada rambut.
Saat Konser, mereka bisa tampil dengan berbagai kostum yang menarik. Karena mereka membawa berbagai style dari berbagai negara, membuat penampilan mereka lebih mudah dinikmati oleh segala kalangan.

JEPANG: 
Girlband Jepang lebih menonjolkan style harajuku mereka. meski ada sentuhan barat, tapi tidak akan mendominasi penampilan mereka. Mereka tampil jauh lebih sederhana, dan tak jarang mereka memadukan pakaian dengan baju adat mereka kimono versi modren. Style rambut juga layaknya orang jepang. Kalau ga lurus yah gelombang, saat konser pun hanya memberikan style rambut yang biasa. Girlband Jepang benar-benar sangat identik dengan budaya Jepangnya… jadi bagi yang ga suka dengan budaya-budaya jepang agak sulit menyukai mereka.


Genre Musik!
KOREA:
Korea memiliki genre musik yang beragam. K-pop itu awalnya berasal dari jenis-jenis musik dari luar, lebih ngebeat, dan lebih enerjik. Banyak girlband2 korea yang memiliki komposer dari luar negeri, atau mereka membeli lagu luar dan kemudian dirombak menjadi bernuansa Kpop. Jadi lebih easy going buat didengar..makanya girlband korea khususnya kpop jauh lebih cepat menyebar ke seluruh dunia.

 

JEPANG:
Jpop… yah semua orang kenal dengan istilah ini. Aliran Jpop memang cenderungnya lebih ke rock atau pop rock. jadi emang jarang gilrband Jepang punya lagu yang agak mellow-mellow gitu… lagu mereka cenderung ceria….lalu musik mereka juga juga khas banget dengan budaya Jepang… Sekali dengar, kalian bakal ngerti kalo ini adalah lagu jepang. Dari alat musik yang digunakan juga khas banget degh Jepangnya…Ya seperti yang Ai bilang sebelumnya… Bagi yang ga suka jepang atau ga mengenal Jepang dengan budaya-budayanya, agak sulit suka dengan lagu-lagu mereka… karena genrenya amat sangat berbeda.

Image yang dibangun..
KOREA:
Imej yang dibangun oleh cewek-cewek korea itu adalah kecantikan mereka dengan kulit putih dan body seksi. Makanya cewek-cewek korea itu rela berbuat apapun buat menyempurnakan wajahnya agar terlihat lebih sempurna. yah termasuk Operasi plastik… sekarang Siapa yang ga doyan wanita cantik… yup makanya girlband korea bisa langsung terkenal…sekali lihat hehehe..
cewek korea itu biar masih kecil banget umurnya keliatannya dewasa bangeeet… jadi yah bikin cowok kelepek2 laah~~

JEPANG:
dibandingkan cewek-cewek Korea, cewek Jepang jauh lebih buntet… alias pendek dan agak gemuk. Mereka nggak terlalu mengutamakan penampilan. mereka cenderung tampil apa adanya, dengan kelebihan dan kekurangan alami yang mereka miliki. Jadi kecantikan orang-orang Jepang itu bisa dibilang lebih asli degh. imej yang dibangun tak jauh-jauh dari budaya Jepang.. mereka lebih merujuk ke karakter Manga atau komik-komik Jepang. Kita bisa lihat dengan jelas umur mereka.. walau kadang2 kalian bisa menemukan wajah yang super imut jadi ga ketahuan klo dia udah tua.. hehe

Video Musik
KOREA:
Video musik girlband korea dikemas sama persis dengan genre musik yang mereka bawakan. Lebih menampilkan eleganisme dan kemewahan. jadi video musik mereka ga pernah main-main degh…. kalau ada model pria, mereka tak tanggung-tanggung memilih model pria tampan untuk membuat video mereka makin disukai.

JEPANG:
Video musik mereka lebih cenderung penuh dengan fantasi dan imajinasi. Meski ada beberapa video yang menggunakan model pria, tapi kebanyakan girl band Jepang tidak menggunakan model siapapun. mereka memilih mendandani anggota mereka dengan gaya pria (tomboi) untuk menggantikan posisi pria tersebut.

Penampilan Live
KOREA:
Karena girlband Korea itu lebih mengutamakan penampilan, jadi mereka tidak terlalu fokus pada suara mereka. Tak jarang mereka lipsing, atau dobel sing (recorded + live) alias suara lagu dan mic sama-sama hidup (biasanya digunakan saat melakukan lagu dengan dance). Saat konser, mereka menyanyikan lagu-lagu mereka tidak secara non stop tapi ada jeda untuk beristirahat, untuk menjaga stamina mereka. Tapi bukan berarti mereka cuma modal tampang loh~, suara mereka bagus dan berbakat juga, bisa dibuktikan saat bernyanyi lagu slow. ini tidak mutlak!

JEPANG:
Ini yang bikin Ai suka sama Girlband Jepang. Stamina mereka lebih kuat. Mereka bisa menyanyi tanpa lipsing secara nonstop dari awal hingga akhir konser. Jadi kita bisa tau keunikan suara mereka, dan bagai mana mereka mengatasi kelelahan mereka saat konser. yaah meskipun ada beberapa Gb yang lipsing/dobel sing, tapi itu sangat jarang terjadi. ini juga tidak mutlak!

Pangsa Pasar
KOREA:
karena Hallyu-nya, pangsa pasar Korea jauh lebih luar dari Jepang. Mereka sudah merambah hampir keseluruh penjuru dunia. Tidak hanya Asia. Bahkan mereka merambah pasar Jepang dengan terang-terangan. Karena Jepang adalah senior mereka soal masalah musik..

JEPANG:
Tanpa dijual susah-susah, JPOP udah dikenal dimana2. Cuma gilrband-gilband mereka tidak mencoba pasar yang lebih luas. mereka hanya mengandalkan nama JEPANG. itu sudah cukup membuat mereka terkenal diseluruh penjuru dunia. Sekarang siapa yang ga tahu kehebatan Jepang?? hahaha
mereka tidak mengadakan tur konser seluruh dunia yang dilakukan orang2 Korea. paling banter tuh ASIA, dan yang paling sering dilakukan yaaaah tur JEPANG. tapi bukan berarti ga ada yang terkenal sampe barat loh~~ gitu-gitu nama mereka juga dikenal sampe luar negeri. Itulah hebatnya JEPANG.
makanya Gb korea pengen merambah pasar Jepang yang luar biasa hebatnya itu. Sampe ada anti hallyu karena orang jepang menganggap penyebaran hallyu udah keterlaluan disana hehhehe…

DARI SEMUA ITU….
kalian bisa tarik kesimpulan sendiri… bagaimana kedua girlband tersebut.
hayoo pilih mana.. Korea atau Jepang???

aku suka dua duanya degh~~ hehehe
Itu pendapatku..bagaimana pendapat kalian???

About these ads

192 komentar

  1. Ya sebenarnya kita kalau mau suka itu nggak harus lihat negaranya dulu kan? Bisa aja kita suka Jepang tapi gak suka sama GB ini gara-gara suatu hal.. Yaah, Jepang sama Korea ya sama-sama hebat kok di dunia permusikan, tapi dengan ciri khas mereka masing-masing. Kalau Korea emang lebih terkesan ‘dunia’ dan nggak terlalu korea-korea banget, itu kelebihan mereka. Tapi Jepang lebih nasionalisme, menunjukkan kalau ini adalah JEPANG.. Sama-sama hebatlah :)


  2. Semua bagus, masing-masing ada kekurangan dan kelebihan. Kita mau suka yang mana aja bebas, selera orang beda-beda. Jpop keren Kpop juga keren .
    Tapi komentar dibawah kesannya terlalu memojokkan, saling bash.
    Saling menghargai aja.


  3. kalau yang BB atau GB Korea lipsync agak susah. Kalau lebih dicari tahu lagi jarang banget Artis K-Pop Lipsync
    Soalnya mereka juga dilatih staminanya waktu training,,lah terus apa gunanya mereka training bertahun2 kalau ujung2nya lipsync
    Di agency sana apalagi YG mereka mementingkan Skill bukan penampilan buktinya T.O.P Big Bang yang dulu gendut aja juga diterima karena suara Rappnya yang ok
    Oh ya 1 lagi kalau GB jepang pastinya mengalami kayak misal JKT 48 generasi 1 ada generasi 2,terus kalau ada yang udah lebih dari 22 thn atau 23 itu dianggap lulus..jadi kayak pergantian personil gitu
    Kalau GB korea,personilnya tetap


  4. Goblok, ketauan nih adminnya lebih mihak jepang, gak netral. asal lu tau aja min, GB korea tu lebih multitalent dari GB jepang. mereka gak modal tampang min, mereka jg gak OPLAS. hanya beberapa aja yg oplasan dan itupun bisa diitung jari. orang mereka emang gen nya bagus kok, bilang aja lo iri ama mereka!! terus, Lipsync?? di Korea lipsync dilarang min, ada undang2 dilarang lipsync. kalo pun ada itupun mereka lipsync karena `terpaksa` >> contoh mereka ngedance nya susah dan koregrafinya rumit, itupun diusahakan pake suara asli tapi dibantu sama suara rekaman lipsync. gak kaya GB jepang udah nyanyi rame rame kya mau bentrok, dance senam SKJ, lipsync pula haha~ memang sih lagu jepang bagus bagus gue akuin kok, tapi lo juga jangan mandang sebelah mata GB korea, bilang modal oplas, modal paha. emang GB jepang kgak modal KFC (paha, dada) apa?? terbukti kan GB korea lebih laris di pasar internasional, karena mereka BERBAKAT. orang amrik aja salut ama mereka, lo tau kan min amrik (US) itu pasar musik paling susah ditembus. GB jepang kok stay disitu situ aja ya? nyungsep di jepang doang #lol ke korea aja belom tentu mampu.

    maaf kalo kepanjangan, salam damai oke (•Δ•)√ #NOBASH


  5. eeuuuhh..
    kentara bnget sih ni admin mihak sama gb jepang…
    what?? lipsync??
    supaya admin tau di korea itu dilarang lipsync, karna ad uu di korea yg ngelarang buat lipsync..

    #salam_damai..


  6. susah emang ngomong sama fans kpop, gk pernah mau di kritik(gua gk bilang semua), apa” korea(bahkan jelek”in negaranya karena salah satu artis indo ada yg niru artis korea) ORANG YG OTAKNYA TERBUKA DAN SEHAT PASTI SETUJU SAMA KOMENTAR GUA, bakayaro!!!


  7. Katanya NETRAL nih adminnya. Tapi perasaan bias ke J??? Ah mbuhlah.
    K-POP lebih sering lipsync dibanding J-pop??? Lol :D
    Gk kebalik? Di Korea ada UU idol gk boleh lipsync loh.


  8. Setuju sihh,,, aku suka banget sama Miss A tp juga ngefans sama AKB48 dan Berryz KouBou, dan klo lipsync menurutku wajar wajar ajalah, dan klo fashion menurutku itu bener banget.. klo Korea lebih banyak unsur Eropa dibanding Jepang yg fashionnya lebih menunjukan Jepangnya.. apalagi klo masalah model rambut,,, udh ketauan banget klo korea lebih berani main warna klo Jepang lebih model yang natural.. klo tentang OPLAS di Jepang sama Korea pasti ada, menurut aku Korea pasti lebih banyak tp gk terlalu menonjol paling OPLAS kantong mata, rahang sama hidung.. dan Jepang bukannya cuma nyungsep di Jepang doang.. tp karena tanpa tur keliling dunia aja Jepang udh terkenal apalagi klo pake tur dunia..


  9. Jelas banget nii adminya lbh milih JPop . Krna kbnyakan dr atas ampe bwh nghina KPop >.<
    Kalo mw share , tolong dong min , mikir* dulu napa .


  10. LAH SEJAK KAPAN ADA PENYANYI/GRUP K-POP LIPSYNC ??????

    OIY,,,ANE KASI TAU YA AKB48,JKT48,SDN48,SNH48,NMB48,SKE48,TPE48,HKT48 .. ITU IDOL GRUP BUKAN GIRLBAND !!!!!


  11. korea lebih ok!!!


  12. maaf koq admin nya ketauan bngt yaa mlah mrendahkan korea dan lbih meninggikan jepang .. orng korea tuhh oplas jg krna ada mslah trsndri tpi bkn untuk memperindah/ menyempurnakan wajah mereka,,artis korea tuhh kebnykan sama dngn wajah masa kecilnya,,dan satu lg mreka itu alami cantik nya truss wlaupun alami gk kalah cantik lahhh sm jepang ^^.. mreka lipsing jg krna hal trntu msalkan ada yg lg sakit suara nya atau mnjga suara nya sdikit,,gk usah jg merendahkan korea jg mslah suara.. dan mngkn cara ngmng admin ini lbih menonjol care nya sm jepang … kya nya gk adil bngt dehh admin ini bgitu mrendahkan korea bngt cara ngmng nya ….
    wlaupun jepang krng bgitu trknal dngn korea tpii ttp aja hrus dijaga cara ngmng nya dngn tdk mrendahkan pihak lain … blng aja tuhh klo sirik sm korea tpiii is ok ngerti dehh klo admin lbih suka girlband korea ..


  13. jngn ngerendahin korea jg kalii trus mlah ninggiin jepang,,gk adil bngt tuhh admin nye ..
    buat apa coba GB/BB Korea training berthun-thun dri kecil tpi mlah lipsing nya sering GK MNGKN lahh … OPLAS? semua negara jg ada, mreka ngelakuin nya jg krna kecelakaan trntu dan hanya terhitung dngn jari ajaah kann .. mngkn kore jg lbih kenal style atau dan penampilan dripda jepang jdi gk usah iri dong klo jepang klah sm korea … yaa tetep lahh GB/BB Korea yg trknal, lahh mreka kenal zaman trusss mreka tour jg buat lbih dekat dngn fans nya diberbagai negara, trus klo GB Jepang masaa gk nyamperin fans nya diluar sana sihh msa fans nya yg ksna mngknn klo ada ksmpatan hrus nya gtu kesiaaan tuhh fans nya nungguin, hahaha tunggu lebaran monyet kali tuhh …

    >>maap klo komentar nya krng sopan min<<


  14. Gw suka jepang gan apalagi AKB48, tapi gw mau meluruskan kalo yg bener itu idol group, d jepang gx Ada BB dan gb….


  15. klo baca pke kacamatanya cuma sebelah pasti banyak yg ngebash. memang admin nya dari awal udah bilang lebih sneng jepang, tapi juga ngeapresiasi korea. kata-katanya juga udah sehalus mungkin tuh. admin dsini ngomong sebagai penikmat musik jepang dan korea. gw yakin kalian komentar dsini kebanyakan cuma penikmat musik korea. jadi kalian ga melihat dari 2 sisi. I LOVE both of JAPAN and KOREA, and I SUPPORT the ADMIN!
    *why so serious*


  16. hahaha aku cuman bisa ngakak aja si,well cuman mau larat aja di jepang sebutan girl group bukan GB tpi idol group kan? klo kmu suka idol cwek jepang pasti tau ini hahaha lbih lanjut nya mngkin kmu bisa tnya2 sma anak2 jpop terutma anak2 48 ..
    nah buat urusan lipsing itu klo lipsing itu gimna kesiapan si punya acara atau si pemilik acaranya itu bukan artis nya yg minta buat lipsing..
    mau kpop atw jpop sma aja mreka pnya keungulan masing2,satu lagi kmu klo mau ngebandingin sesuatu itu pke penelitian dong tanya2 dlu sma yg udah paham jng kya gini itu masih acak2-an kesnya kya yg sok tau padahal?….yah kmu tau sndiri lah jawabnya,aku ngehargain soal topik di atas hahahaha yah ini ngakak bgt lumayan lah buat ngocok perut malem2 wkwkw


  17. aduhh jpop itu lebih unggul dari pda kpop yg kesannya kampungan hahaha suka oplas ya? ya iyalah pulanya muka longor semua hahahahha dan fans kpop itu bnyakan ALAY


  18. betul gadis japan imut


  19. cuma mau meluruskan aja yaa buat adminnya.. boleh lah nanti artikelnya diedit2 dikit (kalo sadar hehehe)

    “Karena girlband Korea itu lebih mengutamakan penampilan, jadi mereka tidak terlalu fokus pada suara mereka. Tak jarang mereka lipsing……”
    di Korea lypsing udah dilarang, admin.. ada undang2nya kok. bahkan baru2 ini salah satu acara musik di Korea (Music Core) dengan tegas mengatakan bahwa mereka telah menghilangkan segala properti lypsing alias melarang suatu artis tampil lypsing di acara mereka, dan para idola yg tampil di acara mereka dipastikan akan berlangsung secara LIVE.

    “Saat konser, mereka menyanyikan lagu-lagu mereka tidak secara non stop tapi ada jeda untuk beristirahat, untuk menjaga stamina mereka”
    jeda…. yang mana ya? ._. apa pas VCR diputer itu? yah.. memang agak lama sih sekitar 5 menit atau lebih tapi setauku mereka menuju ke belakang panggung itu semata2 bukan untuk istirahat.. tapi berganti kostum. aku pernah kok beberapa kali melihat dokumentasi konser beberapa idola K-Pop dan memang di belakang panggung mereka gak ada namanya istirahat. semua serba dikejar waktu. catat ya admin :)
    oh. atau mungkin yg admin maksud jeda itu pas ngomong perkenalan, bla bla bla segala macemnya itu?
    … lho. bukannya interaksi antara idola dan fans itu penting? :D
    FYI aja ya admin.. calon idola di Korea, trainingnya bukan cuma nyanyi – dance – acting – MC doang. stamina mereka juga ditraining lho.. hampir mirip sama pelatihan militer. salah satunya, mendaki gunung. itu udah jadi makanan para trainee disana. dan ini “bukan apa-apa”. yah.. tiap perusahaan ada cara masing2 sih buat melatih anak didiknya. tapi sependengaranku sih SM entertainment lah yg paling “kejam”. tau kan? yg menaungi BoA, TVXQ, SNSD, SJ, SHINee, f(x), EXO dll.
    …. jadi atas dasar apa mereka lemah stamina sementara saat traineepun pelatihan mereka sudah sebegitu kejamnya :D

    “Girlband Jepang. Stamina mereka lebih kuat. Mereka bisa menyanyi tanpa lipsing secara nonstop dari awal hingga akhir konser”
    nah nah. aku paling sedih sama statement ini min :( karena pada kenyataannya yg aku lihat, itu sebaliknya. entah. patokanku ada di JKT48 heheheh /tabok
    tapi gak ada salahnya, kan? mereka dari manajemen Jepang juga.. gak beda kan sama EXO-M :D
    jadi, justru aku pernah menerima informasi dari fans mereka, kalau JKT48 itu lypsing karena jadwal mereka yg padat, harus theater, ini itu.
    dan aku langsung mikir min. lah, artis KPOP kan juga gitu. mungkin lebih padat dan berat malah, karena dengan hanya 4-9 orang mereka udah harus bisa menghandle jadwal mereka yg padat setiap harinya. (kalo JKT48 – AKB48 kan enak gitu yah bisa dibagi2.. ada yg live TV, theater, bolos kegiatan buat sekolah juga boleh).
    kesibukan artis KPOP gak cuma nyanyi, tour & bikin album doang kok. ada jadwal MC, radio tengah malam, variety show, reality show, drama musikal, syuting drama, dll. belum lagi kalau mereka diundang ke acara2 tertentu. SETIAP HARI loh mereka berkutat sama jadwal2 itu. makannya TL ku di twitter gak pernah sepi karena ada aja kegiatan yg si idol lakukan hahaha.

    jadi.. gimana? masih mnganggap kpop idol tukang lypsing dan minim stamina? :D

    dan soal merambah pasar internasional, logikanya, kalau mereka tidak seterkenal seperti JPOP yg admin bilang udah mendunia tanpa konser itu, ya mana mungkin artis kpop konser pertama di amerika langsung mendapat tempat di madison square?
    … itu “tokyo dome”nya Amerika lho.
    seharusnya kan mereka mulai dari NOL jika memang merekalah yg promosi, bukan diundang oleh fans2 mereka disana. iya kan? hehe. sekian. maaf bikin drable di blog orang tanpa izin :D


  20. ehem saya udah gatel mau komen hehehe. setuju kok sama adminnya. tapi kurang setuju sama yang bagian lipsyn itu. adminnya bisa cari di youtube penampilan mereka gak ada yang lipsinc kok mereka nyanyi live. hehe udah segitu dulu


  21. kalo nurut q pribadi, j-pop it d kenal krna animenya.
    aku sndri dlu SMP jepang bgt. bhkan q ska dr SD, ska bgt am lgu jepang, dan iya, g cm lgu jepang, q jg gmpg bedain lgu korea dan mandarin. cuma, mian, q belok ke kpop sejak umur 17th, mgkn krna faktor usia jg. q ga muna kok, suka cwo ganteng, style keren ala2 kpop xg unik, cm q ga akan tertarik pd 1 grup kcuali laguxn emang easy going d telingaku gmanapun pnyanyix. bukan semata2 tampang, dan, jpop q uda kenyang dr kecil :v
    q jg ska dgr tipe suara orng korea, kalo jepang menurutq suarax sama*maaphanya pndpt
    dan xg plg q g ska dr jpop, member gb nya msh anak2 smua. kalau d korea, rata2 usia unk magnae it 15th, dan emang uda cukup pantes unk permak(?) jd g heran, msh kecil tp wajah mrka dwasa, it krna usiax lbh dr cukup. toh aslix g selamax gt. org korea d anggp dwasa sat umur 19 jd menurutq it smcm ekploitasi anak. mian, g nymbung hnxa pndpt smata.


  22. itu idol group bukan girlband
    jangan sampai salah pengertian


  23. Kok pada berantem sih! Korea sama jepang itu nggak ada yg jelek semuanya bagus dari nyanyinya,dancenya,kecantikan,tampan,imutnya itu semuanya sama saja,cuman bedanya adalah gayanya,cara bernyanyi,dancenya dll!
    Mereka aja damai dan katanya member super junior yaitu leetuk kepengen lg berkaloborasi dengan AKB48,kata leetuk dia kepengen berkaloborasi dengan AKB48 karena member AKB48 itu sangat banyak sedangkan member suju hanyalah 10 orang saja itu yg diungkapkan dengan leetuk saat ditanya dengan wartawan!
    Jadi buat fans kpop dan jpop jangan saling menghina walaupun beda idola! Jadi buat fans kpop dan jpop harus saling mendukung tidak boleh bertengkar,ingat ya jangan bertengkar walaupun yang sih A suka sama kpop dan yg B suka sama jpop! Kalau gua milih dua-duanya kalau kpop gua lebih suka sama SUJU dan EXO kalau jpop gua suka sama AKB48 atau 48family!


  24. akb48 suka lipsing kok



Komentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.562 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: